Kamis, 22 November 2012

Contoh BAB I Pendahuluan (Proposal Penelitian)

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Di masa lampau, di waktu kehidupan masih serba sederhana, pertukaran informasi sulit dilakukan dengan jarak jauh sehingga pengetahuan masyarakat mengenai penyakit atau pun gaya hidup yang sehat diyakini masih sangat rendah.
Pengetahuan yang rendah mengenai penyakit dan gaya hidup yang sehat tentu saja merupakan salah satu indikator masalah kesehatan masyarakat yang belum tertanggulangi.
Masalah kesehatan yang paling umum dijumpai di masyarakat salah satunya adalah penyakit hipertensi, penyakit hipertensi merupakan penyakit yang degenaratif, sehingga akan sulit sekali untuk di hilangkan bahkan mustahil.
Data Kementerian Kesehatan Agustus 2011 menyebut, kematian akibat penyakit tak menular mencapai 59,5 persen dari seluruh kematian. Kematian akibat stroke tertinggi (15,4 persen), disusul hipertensi, diabetes, kanker, dan penyakit paru obstruktif kronis. Kematian akibat penyakit tak menular terjadi di kota ataupun desa di semua kelompok masyarakat, baik miskin maupun kaya (health.kompas.com)
Penyakit hipertensi adalah penyakit kardiovaskular yang memiliki komplikasi sangat berbahaya, untuk upaya pencegahan kematian akibat komplikasi penyakit hipertensi yang lebih meningkat diperlukan penelitian terhadap pengetahuan masyarakat di Kampung Cikembang Kabupaten Bandung tentang penyakit hipertensi ini.


Text Box: 1


2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dibuat suatu rumusan masalah yaitu; bagaimana tingkat pengetahuan masyarakat mengenai penyakit hipertensi dan gaya hidup yang sehat di kampung Cikembang Kabupaten Bandung.

3.      Ruang Lingkup
3.1 Waktu
     Waktu yang diperlukan untuk penelitian ini 4 minggu.
3.2 Tempat
     Kampung Cikembang RT. 02 / 05 Desa Cikembang Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.
4.      Tujuan Penelitian
4.1 Tujuan umum
Untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan tentang penyakit hipertensi dan gaya hidup sehat pada masyarakat di Kampung Cikembang Kabupaten Bandung.
4.2 Tujuan khusus
·         Untuk mengetahui pengetahuan masyarakat tentang hipertensi.
·         Untuk mengetahui bahaya yang disebabkan oleh penyakit hipertensi.
·         Untuk mengetahui bagaimana gaya hidup masyarakat yang menderita hipertensi.
5.      Manfaat Penelitian
5.1 Manfaat teoretis
Diharapkan dapat membantu dalam mengembangkan ilmu keperawatan khususnya mengenai perawatan bagi masyarakat yang memiliki penyakit hipertensi.
5.2 Manfaat praktis
Bisa mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang hipertensi serta kehidupan atau gaya hidup masyarakat yang mempunyai penyakit hipertensi tersebut.


Related Articel:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar