Sabtu, 24 November 2012

Dengue, Informasi Dan Pencegahannya

 
Nyamuk Penyebar DBD
Apakah Demam Dengue itu?
Demam Dengue adalah suatu penyakit yang saat ini diketahui disebabkan oleh salah satu dari 4 strain virus, yaitu Den-1, Den-2, Den-3, dan Den-4. Virus tersebut masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk yang sebelumnya telah terinfeksi oleh virus dengue. Spesies nyamuk yang dapat mnenyebarkan virus ini adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Apakah Demam Berdarah Dengue itu?
DBD (demam berdarah dengue) merupakan suatu bentuk infeksi yang berat yang juga disebabkan oleh virus dengue. DBD ini dapat menjadi fatal jika tidak segera dikenali dan ditangani dengan benar. Dengan penanganan medik yang baik, angka kematian akibat DBD dapat kurang dari 1%.

Bagaimana cara penyebaran Demam Dengue dan DBD?
Demam dengue dan DBD menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes betina yang sebelumnya telah terinfeksi oleh virus dengue. Nyamuk tersebut terinfeksi oleh virus dengue setelah satu minggu sebelumnya menggigit dan menghisap darah seseorang yang menderita demam dengue atau DBD. Bila nyamuk ini menggigit orang lain yang sehat, orang tersebut dapat menderita demam dengue atau DBD. Virus dengue tidak dapat menyebar langsung dari seseorang ke orang lain.

Apa saja gejala yang tampak bila seseorang terinfeksi virus dengue?
Gejala utama yang sering ditemui pada penderita demam dengue antara lain demam tinggi tiba-tiba, sakit kepala berat, nyeri punggung, nyeri persendian, mual dan muntah, nyeri bila menggerakkan bola mata, dan ruam.
DBD ditandai dengan demam tinggi tiba-tiba selama 2 sampai 7 hari, disertai tanda dan gejala yang serupa dengan penyakit lain (misalnya mual, muntah, nyeri perut, dan sakit kepala). Selain itu DBD juga akan disertai dengan tanda-tanda perdarahan seperti bintik-bintik perdarahan berwarna merah di kulit, perdarahan dari hidung atau gusi, dan perdarahan di dalam tubuh seperti misalnya di saluran cerna akan ditandai dengan muntah darah dan berak darah. Hal ini terjadi karena pembuluh darah yang paling kecil, yaitu pembuluh kapiler menjadi bocor sehingga komponen cairan yang seharusnya berada dalam pembuluh darah keluar ke jaringan. Akibatnya akan terjadi kegagalan sistem sirkulasi darah sehingga tombul syok yang bila tidak segera ditangani dengan benar akan diikuti dengan kematian.

Apakah perawatan yang diperlukan untuk penderita demam dengue?
Tidak ada obat khusus yang diperlukan untuk merawat penderita demam dengue. Penderita hanya perlu perawatan berupa istirahat cukup, minum cukup dan segera menghubungi dokter.

Apakah perawatan yang diperlukan untuk penderita DBD?
Penderita DBD terutama memerlukan perawatan berupa terapi cairan pengganti yang biasanya diberikan melalui infus. Penderita DBD juga harus segera dirawat di rumah sakit untuk mendapat perawatan yang benar.

Bagaimana cara untuk mencegah terinfeksi virus dengue?
Sampai saat ini tidak ada vaksin khusus yang dapat mencegah infeksi virus dengue. Langkah pencegahan paling baik adalah dengan mengeliminasi nyamuk Aedes dengan cara mengeliminasi tempat-tempat berbiaknya. Karena nyamuk Aedes menyukai genangan air jernih sebagai tempat berbiak maka langkah-langkah berupa 3 M yaitu menguras, menutup dan mengubur tempat atau barang yang sekiranya dapat menjadi tempat air menggenang merupakan langkah pencegahan paling utama.
Selain itu, penggunaan kelambu dan losion anti nyamuk dapat mengurangi resiko tergigit oleh nyamuk Aedes.

Bagaimana cara mencegah terjadinya wabah DBD?
Pencegahan terutama ditekankan pada pengendalian nyamuk yang berkesinambungan, terintegrasi dan dengan peran serta penuh dari masyarakat. Hal ini memerlukan suatu usaha bersama dari masyarakat yang terkoordinasi agar seluruh masyarakat menjadi waspada akan penyakit ini, mampu mengenali penyakit ini, dan tahu bagaimana cara mengeliminasi nyamuk Aedes. Setiap penduduk bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya untuk dijaga agar bebas dari nyamuk Aedes.

Source (cfs/who.int/cdc.gov)


Related Articel:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar